Rabu, 15 Januari 2014

Perpustakaan Kecil Mayraku

Diposting oleh Voppy Syaefi di 19.37
Buku adalah jendelanya dunia, melalui sebuah buku kita bisa berpetualang kemanapun yang kita suka. Kita bisa berimajinasi ke dalam dunia fantasi, atau mempunyai pengetahuan yang baru tentang apapun itu. Maka sebagai orangtua yang bijak, hendaknya kita memberikan harta yang akan berguna kelak bagi masa depannya, dan itu adalah buku.

Sejak Mayra bayi saya sudah mengenalkannya pada buku, mulai dari buku tebal yang dikenal dengan nama boardbook, buku plastik (bathbook), dan buku kecil (minibook). Buku-buku tersebut saya kumpulkan semenjak Mayra belum lahir. Karena saya bekerja dalam dunia pendidikan,  maka referensi untuk mendapatkan buku yang bagus sangat terbuka lebar bagi saya.

Awal mula saya memperkenalkan buku pada Mayra adalah dengan memberinya buku tebal (boardbook) karena dengan boardbook, simulasi motorik pada tangan anak akan lebih cepat berkembang. Kegiatan membuka buku lembar perlembar membutuhkan koordinasi mata, tangan dan otak. Karena itu bayi akan lebih cepat mengalami perkembangan belajarnya. Selain itu dengan boardbook maka buku tersebut akan lebih awet karena tidak mudah rusak atau robek.

Memberikan pengalaman belajar melalui sebuah buku, akan memberikan kesenangan dan petualangan tersendiri bagi bayi. Bila bayi belum berhasil membuka halaman boardbook maka ia akan terus berusaha agar bisa berhasil. Dan itu akan lebih cepat merangsang perkembangan pada otaknya.
Sejak awal mula saya mengajar,  saya senang sekali untuk surfing di internet mencari buku-buku gratisan yang bisa dibuat dan diprint sendiri. Karena untuk mendapatkan buku dengan Bahasa Inggris harganya sangat mahal. Hasilnya sekarang ternyata koleksi buku-buku buatan sendiri yang saya dapat dari internet sudah banyak dan tak terhitung jumlahnya.

Mayraku juga kini sudah mulai menyenangi buku-buku tersebut, dia sudah bisa memilih buku mana yang ingin dia minta bacakan. Biasanya dia akan minta untuk dibacakan dalam b indonesia setelah selesai dia ingin dibacakan dalam b inggris.

Menanamkan kebiasaan cinta buku, akan merangsang anak untuk lebih kreatif dan merangsang daya imajinasi anak. Selain itu perkembangan dalam kosa katanya akan lebih cepat dan lebih banyak.
Jadi ayo bunda mulai menanamkan anak untuk mencintai buku

Koleksi Boardbook Mayra
 
Perpustakaan Kecil Mayraku
 
Buku Buatan Sendiri Hasil Surfing di Internet 

Mayraku Asyik Melihat Gambar di Buku 

 

8 komentar:

Veronica W mengatakan...

Hai, Mayra! Wah, bukunya banyak dan bagus-bagus, ya. Mayra mesti kenalan dengan Sekar, anak Tante. Sekar juga suka banget baca buku sejak bayi. Selamat bertualang di dunia buku, Mayra! ^_^

muhammad khoirudin mengatakan...

oke saya dukung apresiasi mbak mengajak para ibu ibu untuk menanamkan budaya membaca kepada anak sejak ada didalam kandungannya

salam

dyah deedee mengatakan...

wahh dari dulu aku pingin punya perpustakaan dirumah dan bisa disewa, tapi sayang setelah disewa malah pada hilang komik2, :( abis itu ga mau lagi pinjemin buku ke siapapun. hihihi takut hilang.

Seruuu ihh liat raknya... itu bikin sendiri yahh... ^_^

tantiamelia.com mengatakan...

huaaa.. Mayra itu gue banget mak Voppy tea...

makasih ya udah diingetin, actually aku juga udah gatel2 nih mau bikin data base buku2 anak2 ^^

Anonim mengatakan...

saya juga mau punya perpustakaan kecil dirmh. sudah ada belasan buku untuk anak-anak. walaupun mereka belum bisa baca tetapi dengan melihat-lihat gambar mereka bisa menggemari membaca buku.

sari widiarti mengatakan...

perpustakaannya komplit ya :)

Pungky Prayitno mengatakan...

Waaaa akuu punya beberapa buku yang sama dengan punyanya mayra... beli di toko murah meriah.. seratus ribu dapet buku anak-anak setumpuk bagus-bagus ^_^

Voppy Syaefi mengatakan...

Wuiih ternyata banyak ya yg mau buat perpustakaan kecil di rumahnya, makasih ya yang sudah berkunjung ke rumah saya!

Posting Komentar

Terimakasih yang sudah menyempatkan untuk berkunjung ke Rumah Ide.
Monggo ditulis buku tamunya, biar saya tahu siapa aja yang sudah berkunjung. Nanti saya akan berkunjung balik ke rumah anda loh !!

Entri Populer

like

Lencana Facebook

 

Rumah Ide Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review