Senin, 23 Desember 2013

Ayo Mendongeng untuk Anak

Diposting oleh Voppy Syaefi di 19.38
Kegiatan bercerita dan mendongeng adalah salah satu kegiatan yang banyak manfaatnya, menurut artikel yang saya baca dari majalah Ayah Bunda, terdapat 12 manfaat yang bisa diperoleh, jika orangtua menerapkan kebiasaan mendongeng untuk anak-anaknya. diantaranya manfaat itu adalah :

  1. Meningkatkan keterampilan bicara anak, karena bayi atau balita akan kenal banyak kosa kata.
  2. Mengembangkan kemampuan berbahasa anak, dengan mendengarkan struktur kalimat.
  3. Meningkatkan minat baca.
  4. Mengembangkan keterampilan berpikir.
  5. Meningkatkan keterampilan problem solving.
  6. Merangsang imajinasi dan kreativitas.
  7. Mengembangkan emosi.
  8. Memperkenalkan nilai-nilai moral.
  9. Memperkenalkan ide-ide baru.
  10. Mengalami budaya lain.
  11. Relaksasi.
  12. Mempererat ikatan emosi dengan orang tua.

Biasanya dirumah saya selalu membacakan buku cerita atau buku dongeng kepada Mayra, setelah selesai membaca saya menampilkan film/video yang telah saya baca, Ada beberapa media penunjang yang bisa digunakan oleh ibu dan ayah, sebagai tambahan dalam kegiatan mendongeng ini.

Berikut ini adalah video dongeng yang saya dapatkan dari http://learnenglishkids.britishcouncil.org dan http://www.youtube.com/show/muffinstories

1. Video Little Red Riding Hood



2. Video Jack and The beanstalk




3. Video The Goldilock and Three Bear




4.  Video The Lions and The Mouse




5. The Gingerbreadman


Buku-buku yang bisa digunakan untuk bercerita sesuai dengan video diatas adalah :













Ayo bunda mulai mendongeng untuk anak-anaknya ya...


4 komentar:

belalang cerewet mengatakan...

setuju sekali Mbak, saya juga sukaa mendongeng buat anak di rumah. Anak sulung saya terbukti menyerap banyak kosa kata dan mengalami kemajuan bahasa yg cukup signifikan. Anak jadi inisiatif dan komunikatif, juga semakin terasah keingintahuannya. Pokoknya banyak deh manfaat bercerita untuk anak sendiri atau anak didik. Hubungana makin akrab dan banyak manfaat lain.

Terima kasih tulisannya sangat bermanfaat. salam dari Kota Hujan :D

Voppy Syaefi mengatakan...

Iya mendongeng memang jurus jitu untuk meningkatkan bahasa pada anak pa

Unknown mengatakan...

Terima kasih atas tulisannya yang bermanfaat Mbak. . . Saya juga suka mengambil bahan ajar untuk anak saya dari britishcouncil.
Memang terbukti, banyak diajak berkomunikasi dan dibacakan cerita alhamdulillaah membuat perkembangan kemampuan verbal dan sosial anak sangat pesat. :)

Voppy Syaefi mengatakan...

Iya mba, perkembangan bahasa pada anak itu akan semakin meningkat bila orangtua memberikan stimulasi dan rangsangan, dan itu bisa diberikan melalui media dongeng loh

Posting Komentar

Terimakasih yang sudah menyempatkan untuk berkunjung ke Rumah Ide.
Monggo ditulis buku tamunya, biar saya tahu siapa aja yang sudah berkunjung. Nanti saya akan berkunjung balik ke rumah anda loh !!

Entri Populer

like

Lencana Facebook

 

Rumah Ide Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review