Kamis, 26 Desember 2013

Film Dongeng untuk Anak

Diposting oleh Voppy Syaefi di 06.49
Mayra anak saya senang sekali melihat film yang saya download dari youtube, banyak film untuk anak yang saya dapatkan. Film-film ini dapat digunakan sebagai sarana belajar pada anak. melalui pesan moral yang ada dalam cerita film tersebut. Pada dasarnya anak-anak lebih senang untuk menangkap pesan baik yang ada dalam suatu film atau cerita, dibandingkan mereka mendengar ibu atau ayahnya membicarakan tentang kebiasaan baik.

Melalui film atau dongeng, anak diajak untuk berimajinasi dan menangkap pesan baik yang ingin disampaikan melalui kisah tersebut. Berikut ini ada beberapa film dongeng, yag menurut saya bagus untuk anak-anak. Film-film ini didapat dari youtube, antara lain :


Film ini bercerita tentang dua keluarga, keluarga Kim dan Keluarga Lee. Keluarga Lee adalah keluarga tidak bahagia, karena semua orang di keluarga itu selalu berselisih dan saling menyalahkan. Sedangkan keluarga Kim adalah keluarga bahagia yang semua anggota keluarganya saling peduli.

Film ini cocok untuk ditonton bersama-sama dengan semua anggota keluarga, pesan moral di film itu juga mengajak agar anak-anak senantiasa untuk peduli antara satu dengan lainnya.




Film ini bercerita tentang petani yang menemukan pot ajaib di kebunnya, namun tetangganya yang kikir dan raja yang tamak pun ingin memilikinya. Pesan moral yang ingin disampaikan dalam film ini adalah janganlah merasa iri dan ingin memiliki kebahagiaan orang lain. 





Film ini bercerita tentang penebang kayu yang jujur yang kehilangan kapaknya saat bekerja. Kapak tersebut terjatuh kedalam sungai. Kemudian penebang kayu tersebut diminta memilih kapak yang terjatuh ke dalam air apakah kapak emas, kapak perak, atau kapak biasa. 

Pesan moral film ini mengajarkan tentang kejujuran yang akan menghasilkan kebaikan. Kejujuran di jaman sekarang ini sangatlah langka, maka hendaknya sejak dini kita harus mengajarkan dan memberi contoh pada anak-anak kita agar mau berbuat jujur dimana saja.




Film ini bercerita tentang kesombongan angin yang ingin membuktikan pada matahari kalau dirinya lebih kuat dari matahari. Angin lalu menantang matahari untuk berlomba siapa yang dapat membuat anak laki-laki untuk membuka jaketnya.

Film ini berpesan agar kita jangan terlalu percaya diri dan sombong dengan apa yang kita punyai, film ini mengajarkan anak-anak untuk selalu hidup senantiasa dengan rendah hati.





Bercerita tentang anak laki-laki yang ingin meminta makanan, namun dengan cara yang tidak biasa. Anak laki-laki itu merebus sebuah batu, lalu dengan batu itu ia berkata akan dapat membuat sop yang lezat.

Pesan moral yang ingin disampaikan bahwa kita harus senantiasa kreatif dan pintar dalam menjalani hidup, karena dengan kreatif kita dapat menemukan hal-hal baru yang akan berguna bagi orang lain.



4 komentar:

Anonim mengatakan...

Terima kasih sharingnya ya, mau coba intip di youtube ah, dan kalo kita save di usb flash disk, bisa kan ya? trus ditonton di tv, biar agak lebih jelas krn lebih besar layarnya

Voppy Syaefi mengatakan...

Iya bisa, kalau mau disave di flash disk harus didownload dulu. Biasa kalo saya download dr youtube saya pake IDM. Video punya saya jg banyak yg dipindah ke cd cuma biasanya harus di convert dulu jd avi, coz kalo flv ga bisa ditonton pake dvd.

rina susanti mengatakan...

wah idem mak, si kecil saya juga suka film2 pendek yang didownload dari youtube, bedanya di sini yang rajin ngedownload bapaknya anak-anak heheh

Voppy Syaefi mengatakan...

Iya maks, biasanya bapak-bapak lebih rajin nyari film dibanding emaknya. Tapi kalo di keluarga kami, saya yang paling rajin surfing di dunia maya hehe

Posting Komentar

Terimakasih yang sudah menyempatkan untuk berkunjung ke Rumah Ide.
Monggo ditulis buku tamunya, biar saya tahu siapa aja yang sudah berkunjung. Nanti saya akan berkunjung balik ke rumah anda loh !!

Entri Populer

like

Lencana Facebook

 

Rumah Ide Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review