Kamis, 26 Desember 2013

Pembelajaran IPA Tentang Proses terjadinya siklus air

Diposting oleh Voppy Syaefi di 23.12
Pembelajaran ini saya sampaikan saat mengajarkan materi IPA di kelas 3 tentang Proses terjadinya Siklus Air. Permulaan pembelajaran saya buka dengan bertanya pada anak-anak siapa yang kemarin sore terjebak banjir ? Lalu dilanjutnya dengan kenapa ya air hujan bisa turun kebumi? Tujuan saya bertanya pada murid biasanya untuk mencari tahu sampai sejauh mana mereka mempunyai pemahaman dasar tentang pembelajaran yang ingin saya sampaikan.

Setelah semua jawaban dituliskan di papan tulis tentang proses terjadinya hujan, kemudian dilanjutkan dengan menonton video terjadinya siklus air. Saya dapatkan video ini di youtube.



Setelah anak-anak diajak untuk menonton film yang berjudul "Petualangan Air", Lalu saya meminta mereka untuk menuliskan serta menggambarkan tentang petualangan air tersebut di dalam lembar jurnal. Lembar jurnal tersebut berbentuk seperti ini ;


Anda bisa mendapatkan jurnal tersebut disini . Di kertas tersebut anak dapat menggambar apa yang tadi dia lihat di film dan menuliskan apa yang dia pahami. Anak lebih cepat dalam memahami sesuatu bila dibarengi dengan kegiatan menggambar. Berbeda hasilnya bila anak hanya menulis pemahaman dari materi yang dia terima. Sebaiknya seorang guru harus senantiasa mengembangkan kreatifitas murid-muridnya dengan cara selalu menyertakan kegiatan menggambar dalam proses kegiatan belajar.

Setelah anak-anak selesai menulis jurnal lalu kegiatan berikutnya adalah bermain video interaktif tentang proses terjadinya hujan, yang bisa didapatkan disini





Lalu dilanjutkan dengan mengerjakan quiz interaktifnya, bisa dilihat disini


Setelah selesai dengan quiz tersebut dilanjutkan dengan mengerjakan LKS, 



Setelah pembelajaran selesai, ditutup dengan kegiatan nyanyi yang berjudul rain rain go away, saya mendapatkan lagu tersebut dari video di youtube. Pembelajaran yang saya berikan pada anak didik saya meliputi kegiatan bermain, menggambar dan menyanyi bertujuan agar anak lebih menyenangi kegiatan belajar di sekolah, selain itu otak lebih cepat menghapal sesuat hal bila disajikan dengan menyenangkan.


Semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat bagi ibu, bapak guru, ataupun para orangtua yang ingin membantu anaknya belajar.





3 komentar:

Wilda mengatakan...

Wah kereen, lanjutkan Bu Voppy :-)

Voppy Syaefi mengatakan...

Hei bu Wilda, aq baru ngeh kalo ternyata qt satu kerjaan, pas aq liat blogmu ko ada ttg SD Hikmah Teladannya. Hehe maaf ya aq ga gudeng coz baru masuk lg setelah cuti sih. Selamat bergabung ya di SDHT

Zakia mengatakan...

Bagus banget sharing pembelajarannya. Sepertinya bakal menyenangkan buat nambah pengetahuan duo krucil saya :) Thankyou
Salam
@ZakiaNurhadi

Posting Komentar

Terimakasih yang sudah menyempatkan untuk berkunjung ke Rumah Ide.
Monggo ditulis buku tamunya, biar saya tahu siapa aja yang sudah berkunjung. Nanti saya akan berkunjung balik ke rumah anda loh !!

Entri Populer

like

Lencana Facebook

 

Rumah Ide Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review